Standar Kompetensi Lulusan Khas Sekolah Islam Terpadu Edisi Kelima (2023)

Standar Kompetensi Lulusan Khas Sekolah Islam Terpadu Edisi Kelima (2023)

No.

Dimensi

Elemen

Sub

Elemen

Alur Perkembangan Setiap Fase

Di akhir Fase E

Di akhir Fase F

[Kelas 10 SMA/MA]

[Kelas 11 - 12 SMA/MA]

1

Beriman, Bertaqwa kepada Tuhan YME dan Berakhlak Mulia

1.1. Beriman dan bertaqwa kepada Tuhan YME

1.1.1. Rukun Iman

Memahami, meyakini dan menghayati rukum iman.

Memahami, meyakini dan menghayati rukum iman.

Memahami, meyakini dan menghayati Asmaul Husna.

Memahami, meyakini dan menghayati Asmaul Husna.

Memahami, meyakini dan menghayati sifat Allah melalui ciptaan-Nya.

Memahami, meyakini dan menghayati sifat Allah melalui ciptaan-Nya.

Terbiasa mengucapkan kalimat thayyibah.

Menjadi teladan dalam bertutur dan berkata.

1.1.2. Rukun Islam

Memahami, melaksanakan, dan menghayati rukun islam.

Memahami, melaksanakan, dan menghayati rukun islam.

Terbiasa menjaga wudhu dalam kehidupan yang nyata, mempraktekkan mandi wajib dan tayammum dengan benar.

Mampu menyampaikan/menjelaskan tata cara wudhu, tayammum, dan mandi besar dengan benar.

Mampu adzan dan iqomah di masjid dengan baik.

Terbiasa adzan dan iqomah di masjid dengan baik.

Terbiasa shalat wajib dengan khusyu dan tuma’ninah dan berjamaah di masjid. Malai intens melaksanakan salat sunnah lainnya.

Terbiasa menunggu waktu shalat fardhu, menyampaikan keutamaan salat di masjid dan salat-salat sunnah lainnya.

Terbiasa puasa di bulan ramadhan, berlatih puasa sunnah utama seperti Syawal, Arafah, dan Asyura, Tasu’a ditambah ayyamul bidh dan senin-kamis.

Meraakan nikmatnya puasa di bulan ramadhan, berlatih puasa sunnah utama seperti Syawal, Arafah, dan Asyura, Tasu’a ditambah ayyamul bidh dan senin-kamis.

Membiasakan diri dzikir Ma’surat dan iktikaf di masjid dalam kehidupan.

Terbiasa dzikir Ma’surat dan iktikaf di masjid dalam kehidupan.

Menganalisis permasalahan haji dan umrah.

Merencanakan untuk melaksanakan ibadah haji dan umrah.

Terbiasa melaksanakan infak rutin, zakat, sedekah, dan kurban.

Mengorganisasi kegiatan dengan berniat ibadah karena Allah dalam setiap aspek kehidupan.

1.1.3 Ihsan dalam Beribadah

Terbiasa berniat ibadah karena allah secara mandiri dengan benar dan baik dalam setiap pelaksanaanberbagai ibadah.

Mengorganisir kegiatan dengan berniat ibadah karena Allah dalam setiap aspek kehidupan.

Terbiasa mengerjakan salat dengan tertib, disiplin, dan tuma’ninah.

Mengorganisir salat dengan tertib, disiplin, dan tuma’ninah.

1.2. Berakhlak mulia

1.2.1. Ihsan dalam beramal

Menunjukkan iktikaf baik untuk meraih kesuksesan dari amal yang direncanakan.

Mengorganisir niat baik meraih kesuksesan dengan mengajak lainnya ikut beramal bersamanya.

Menunjukkan iktikaf yang baik untuk menjauhi maksiat dalam kehidupan sehari-hari.

Mengorganisir iktikaf yang baik untuk menjauhi maksiat dalam kehidupan sehari-hari.

1.2.2. Akhlak kepada Allah dan Rasul

Membiasakan diri menjaga anggota badan dari berbuat dosa-dosa kecil dan besar.

Terbiasa menjauhi dosa-dosa kecil dan besar dan mengorganisir dalam ketaatan kepada Allah.

1.2.3 Akhlak kepada diri sendiri

Membiasakan diri menutup aurat dengan baik sesuai syariat.

Terbiasa menutup aurat dengan kesadaran diri menyesuaikan syariat.

Memahami, melaksanakan dan menghayati hidup sehat.

Memahami, melaksanakan dan menghayati hidup sehat.

1.2.4. Akhlak kepada masyarakat

Terbiasa menyebarkan dan menjawab salam dengan benar.

Terbiasa menyebarkan dan menjawab salam dengan benar.

1.2.5. Akhlak kepada lingkungan sekitar

Terbiasa hidup sehat, tertib, dan bersih serta berlatih mengelola limbah plastik menjadi benda yang bermanfaat dan produktif.

Terlatih dalam hidup sehat, tertib, dan bersih serta berlatih mengelola limbah plastik menjadi benda yang bermanfaat dan produktif.

2

Inklusif, Berbudaya, dan Nasionalis.

2.1. Inklusif

2.1.1. Toleransi beragama

Menghargai pemeluk agama lain dalam menjalankan agamanya.

Menghargai pemeluk agama lain dalam menjalankan agamanya dan tolong-menolong dalam hidup di masyarakat.

2.1.2. Menerima perbedaan individu.

Menyadari pentingnya menghargai terhadap perbedaan individu.

Menerima perbedaan individu secara positif dan membangun kolaborasi atas perbedaan individu.

2.1.3. Tanggung jawab dalam bermasyara-

kat (multikultural).

Menghargai adanya keragaman suku, agama, dan ras di indonesia.

Dapat bekerja sama dalam masyarakat yang multikultural.

2.1.4. Jati diri sebagai warga global.

Belajar berkomunikasi interkultural sebagai warga global dengan berempati terhadap perasaan, cara pandang dan pemikiran orang lain.

Menampilkan peran positif sebagai warga global dan berusaha memberi solusi terhadap permasalahan global.

2.2. Berbudaya

2.2.1. Menghargai kearifan lokal

Menyadari pentingnya mengembangkan kearifan lokal untuk kemaslahatan hidup.

Aktif dalam mengembangkan kearifan lokal untuk kemaslahatan hidup.