Standar Kompetensi Lulusan
SMAIT AL-MUMTAZ PONTIANAK
SMAIT AL-MUMTAZ PONTIANAK
No. | Dimensi | Elemen | Sub Elemen | Alur Perkembangan Setiap Fase | |
Di akhir Fase E | Di akhir Fase F | ||||
[Kelas 10 SMA/MA] | [Kelas 11 - 12 SMA/MA] | ||||
1 | Beriman, Bertaqwa kepada Tuhan YME dan Berakhlak Mulia | 1.1. Beriman dan bertaqwa kepada Tuhan YME | 1.1.1. Rukun Iman | Memahami, meyakini dan menghayati rukum iman. | Memahami, meyakini dan menghayati rukum iman. |
Memahami, meyakini dan menghayati Asmaul Husna. | Memahami, meyakini dan menghayati Asmaul Husna. | ||||
Memahami, meyakini dan menghayati sifat Allah melalui ciptaan-Nya. | Memahami, meyakini dan menghayati sifat Allah melalui ciptaan-Nya. | ||||
Terbiasa mengucapkan kalimat thayyibah. | Menjadi teladan dalam bertutur dan berkata. | ||||
1.1.2. Rukun Islam | Memahami, melaksanakan, dan menghayati rukun islam. | Memahami, melaksanakan, dan menghayati rukun islam. | |||
Terbiasa menjaga wudhu dalam kehidupan yang nyata, mempraktekkan mandi wajib dan tayammum dengan benar. | Mampu menyampaikan/menjelaskan tata cara wudhu, tayammum, dan mandi besar dengan benar. | ||||
Mampu adzan dan iqomah di masjid dengan baik. | Terbiasa adzan dan iqomah di masjid dengan baik. | ||||
Terbiasa shalat wajib dengan khusyu dan tuma’ninah dan berjamaah di masjid. Malai intens melaksanakan salat sunnah lainnya. | Terbiasa menunggu waktu shalat fardhu, menyampaikan keutamaan salat di masjid dan salat-salat sunnah lainnya. | ||||
Terbiasa puasa di bulan ramadhan, berlatih puasa sunnah utama seperti Syawal, Arafah, dan Asyura, Tasu’a ditambah ayyamul bidh dan senin-kamis. | Meraakan nikmatnya puasa di bulan ramadhan, berlatih puasa sunnah utama seperti Syawal, Arafah, dan Asyura, Tasu’a ditambah ayyamul bidh dan senin-kamis. | ||||
Membiasakan diri dzikir Ma’surat dan iktikaf di masjid dalam kehidupan. | Terbiasa dzikir Ma’surat dan iktikaf di masjid dalam kehidupan. | ||||
Menganalisis permasalahan haji dan umrah. | Merencanakan untuk melaksanakan ibadah haji dan umrah. | ||||
Terbiasa melaksanakan infak rutin, zakat, sedekah, dan kurban. | Mengorganisasi kegiatan dengan berniat ibadah karena Allah dalam setiap aspek kehidupan. | ||||
1.1.3 Ihsan dalam Beribadah | Terbiasa berniat ibadah karena allah secara mandiri dengan benar dan baik dalam setiap pelaksanaanberbagai ibadah. | Mengorganisir kegiatan dengan berniat ibadah karena Allah dalam setiap aspek kehidupan. | |||
Terbiasa mengerjakan salat dengan tertib, disiplin, dan tuma’ninah. | Mengorganisir salat dengan tertib, disiplin, dan tuma’ninah. | ||||
1.2. Berakhlak mulia | 1.2.1. Ihsan dalam beramal | Menunjukkan iktikaf baik untuk meraih kesuksesan dari amal yang direncanakan. | Mengorganisir niat baik meraih kesuksesan dengan mengajak lainnya ikut beramal bersamanya. | ||
Menunjukkan iktikaf yang baik untuk menjauhi maksiat dalam kehidupan sehari-hari. | Mengorganisir iktikaf yang baik untuk menjauhi maksiat dalam kehidupan sehari-hari. | ||||
1.2.2. Akhlak kepada Allah dan Rasul | Membiasakan diri menjaga anggota badan dari berbuat dosa-dosa kecil dan besar. | Terbiasa menjauhi dosa-dosa kecil dan besar dan mengorganisir dalam ketaatan kepada Allah. | |||
1.2.3 Akhlak kepada diri sendiri | Membiasakan diri menutup aurat dengan baik sesuai syariat. | Terbiasa menutup aurat dengan kesadaran diri menyesuaikan syariat. | |||
Memahami, melaksanakan dan menghayati hidup sehat. | Memahami, melaksanakan dan menghayati hidup sehat. | ||||
1.2.4. Akhlak kepada masyarakat | Terbiasa menyebarkan dan menjawab salam dengan benar. | Terbiasa menyebarkan dan menjawab salam dengan benar. | |||
1.2.5. Akhlak kepada lingkungan sekitar | Terbiasa hidup sehat, tertib, dan bersih serta berlatih mengelola limbah plastik menjadi benda yang bermanfaat dan produktif. | Terlatih dalam hidup sehat, tertib, dan bersih serta berlatih mengelola limbah plastik menjadi benda yang bermanfaat dan produktif. | |||
2 | Inklusif, Berbudaya, dan Nasionalis. | 2.1. Inklusif | 2.1.1. Toleransi beragama | Menghargai pemeluk agama lain dalam menjalankan agamanya. | Menghargai pemeluk agama lain dalam menjalankan agamanya dan tolong-menolong dalam hidup di masyarakat. |
2.1.2. Menerima perbedaan individu. | Menyadari pentingnya menghargai terhadap perbedaan individu. | Menerima perbedaan individu secara positif dan membangun kolaborasi atas perbedaan individu. | |||
2.1.3. Tanggung jawab dalam bermasyara- kat (multikultural). | Menghargai adanya keragaman suku, agama, dan ras di indonesia. | Dapat bekerja sama dalam masyarakat yang multikultural. | |||
2.1.4. Jati diri sebagai warga global. | Belajar berkomunikasi interkultural sebagai warga global dengan berempati terhadap perasaan, cara pandang dan pemikiran orang lain. | Menampilkan peran positif sebagai warga global dan berusaha memberi solusi terhadap permasalahan global. | |||
2.2. Berbudaya | 2.2.1. Menghargai kearifan lokal | Menyadari pentingnya mengembangkan kearifan lokal untuk kemaslahatan hidup. | Aktif dalam mengembangkan kearifan lokal untuk kemaslahatan hidup. | ||
Copyright © 2020 SMAIT Al-MUMTAZ KALBAR PONTIANAK . all rights reserved.