Kurikulum

Kurikulum

Ø  SMAIT Al Mumtaz menerapkan kurikulum 2013 yang diintegrasikan dengan kurikulum dari Jaringan Sekolah Islam Terpadu (JSIT) Indonesia.

Ø  Kurikulum Al Qur’an : tahsin, tahfizh.

Ø  Live Skill khusus   : TIK (Multimedia)

  • Muatan Kurikulum 2013

MIPA

IPS

Agama Islam

Agama Islam

Pendidikan Kewarganegaraan

Pendidikan Kewarganegaraan

Bahasa Indonesia

Bahasa Indonesia

Bahasa Inggris

Bahasa Inggris

Matematika Wajib

Matematika Wajib

Sejarah Indonesia

Sejarah Indonesia

PJOK

PJOK

Seni Budaya

Seni Budaya

Prakarya dan Kewirausahaan

Prakarya dan Kewirausahaan

Tahsin dan Tahfizh Al Qur’an

Tahsin dan Tahfizh Al Qur’an

Biologi

Geografi

Fisika

Ekonomi

Kimia

Sosiologi

Matematika

Sejarah

Bahasa Arab

Bahasa Arab

Teknologi Informasi dan Komputer (TIK)

Teknologi Informasi dan Komputer (TIK

 Pembelajaran


Blended learning

    Pembelajaran dikemas dengan konsep blended learning, mengkombinasikan keunggulan-keunggulan kelas nyata dan kelas maya, pembelajaran luring dan daring. Blended learning memungkinkan efisiensi waktu pembelajaran sehingga karakter keunggulan lain dapat di-insert dalam pembelajaran.

Multimedia

    Pembelajaran secara variatif memberikan pengalaman belajar bermakna, mengoptimalkan penggunaan multimedia, sekaligus meningkatkan keterampilan multimedia bagi peserta didik. Keterampilan multimedia dimaksud misalnya mengolah berbagai media berbasis gambar/grafis, audio, maupun video.

Ketuntasan Belajar Minimal (KBM)

Ø  KBM ditentukan untuk setiap Kompetensi Dasar.

Ø  KBM memperhatikan kompleksitas, daya dukung, dan intake Siswa.

Ø  Untuk ranah pengetahuan dan keterampilan 75 untuk skala 100.

Remedial

Ø  Siswa yang tidak mencapai KBM pada penilaian harian akan mengikuti program remedial.

Ø  Remedial berupa penjelasan ulang, penugasan, latihan-latihan soal, dan atau ditutup dengan ujian ulang.

Ø  Dapat dilaksanakan pada jam belajar maupun diluar jam belajar, klasikal maupun individual.

 

Ketentuan Penilaian

Ø  Penilaian harian diberikan setelah selesai minimal 1 KD.

Ø  Penilaian Tengah Semester dilaksanakan setelah pembelajaran berlangsung kurang lebih 3 bulan

Ø  Penilaian akhir semester dilaksanakan di akhir semester dan materi yang diujikan dimulai dari awal semester ganjil.

Ø  Penilaian akhir tahun dilaksanakan di akhir tahun pelajaran jelang kenaikan kelas, materi yang diujikan dimulai dari awal semester genap.


Ketentuan PR dan Tugas

Ø  PR diberikan dalam rangka menambah pemahaman dan membentuk kultur belajar siswa di rumah.

Ø  PR berbasis aktivitas/riset/..

Ø  Untuk PR mata pelajaran boleh ditagih paling cepat setelah melewati hari sabtu dan ahad.

Ø  Alokasi waktu pengerjaan PR diperitungkan kira-kira 40% dari tatap muka.

 

Kurikulum Al-Quran

 

 

Ketentuan Pembelajaran Al-Quran

Ø  Pembelajaran Al-Quran dilakukan dalam kelompok kecil (small group) yang dibimbing oleh 3 guru Al-Quran setiap kelas.

Ø  Menggunakan Al-Quran Rasm Utsmani.

Ø  Tahapan pembelajaran Al-Quran terdiri dari kegiatan talaqi hafalan (memperdengarkan/ mencontohkan bacaan) dan dihafal secara berjamaah, materi tahsin dan tilawah, setoran hafalan dan murajaah hafalan.